Minggu, 15 Mei 2011

Bagian I : TOYOTOMI HIDEYOSHI si "MONYET"

Salah satu tokoh yang paling saya kagumi dan juga memberikan inspirasi adalah Toyotomi Hideyoshi, pemimpin yang luar biasa dan terbesar sepanjang sejarah bangsa Jepang. Ketokohannya sangat dikagumi, bahkan anak-anak sekolah dasar di Jepang mengenal namanya. Apa yang membuat Hideyoshi sangat dikagumi bahkan keteladanannya menjadi contoh dan diikuti oleh masyarakat Jepang hingga saat ini?

Hideyoshi (nama aslinya adalah Hiyoshi) lahir dari sebuah keluarga yang miskin di Nakamura, provinsi Owari pada tahun 1536. Bertubuh pendek, kurus, bungkuk dan berwajah buruk, orang memberikan julukan kepadanya 'Monyet'. Saat itu Jepang sedang mengalami masa kekacauan yang disebabkan oleh perang antar klan. 

Impiannya menjadi pemimpin membawanya pada obsesi menjadi samurai -pada awalnya predikiat samurai hanya diberikan kepada mereka yang lahir dari keluarga yang terhormat dan bertugas khusus menjadi keluarga kekaisaran-, tentu saja hal itu sangat sulit diwujudkan mengingat silsilah keluarga Hideyoshi dari golongan masyarakat bawah dan bekerja sebagai petani (tidak cakap menggunakan pedang), tidak pernah mengenyam pendidikan serta ditambah dengan perawakan fisik yang tidak memenuhi syarat menjadi seorang samurai. Akan tetapi hal-hal tersebut tidak menghalanginya untuk mewujudkan impiannya menjadi samurai.

Pengembaraan hidup yang dijalaninya semasa remaja menjadikan dirinya mampu mengenali karakter manusia, ia mampu mengetahui isi hati setiap orang dan bagaimana cara memanfaatkannya, prinsip hidup pantang menyerah dan berkeinginan kuat selalu ia pegang teguh. Inilah kelebihan yang dimiliki Hideyoshi muda dalam meraih ambisinya kelak. 

Impian atau cita-cita yang besar menjadikan hidup ini mempunyai arah dan tujuan yang jelas, motivasi dan harapan menjadikan kita lebih kuat bertahan dan mengatasi segala macam bentuk halangan. Jangan pernah sekalipun berhenti, ketika kita jatuh segeralah bangun dan teruslah berjalan sampai kita mencapai impian dan cita-cita kita. Anda dan saya bisa belajar dari karakter Hideyoshi yang luar biasa dan menerapkannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Ingatlah satu hal ini, jangan kita hanya duduk dan jadi penonton yang bertepuk tangan untuk keberhasilan orang lain, tetapi jadikanlah diri anda yang berdiri di atas panggung keberhasilan dan menerima tepukan tangan dari penonton. 

Pada kesemapatan berikutnya saya akan membagikan prinsip-prinsip hidup dan kepemimpinan berdasarkan kehidupan TOYOTOMI HIDEYOSHI. Kiranya banyak hal-hal positif dan inspirasi yang bisa kita dapatkan serta menjadikan hidup kita lebih kaya wawasan, dan kearifan serta membuka kesempatan bagi kehidupan yang lebih baik. SELAMAT BERJUANG!

Tidak ada komentar: